(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Cipta Karya Siapkan Program TA 2017 Sesuai Renstra dan Prioritas Nasional

Admin putr | 10 Februari 2016 | 572 kali

Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) Ditjen Cipta Karya Dwityo A. Soeranto, dalam sambutanyanya menyampaikan, melalui konsolidasi tersebut diharapkan Ditjen Cipta Karya dapat menyiapkan rencana program  tahun 2017 dengan lebih baik melalui pembahasan dan penajaman bersama semua unit kerja di lingkungan Ditjen Cipta Karya. 

“Setelah kita selesai melaksanakan perencanaan program TA 2016 dengan diterbitkannya DIPA APBN tahun 2016, saat ini kita sudah harus menyiapkan kembali proses perencanaan program di lingkungan Ditjen Cipta Karya untuk tahun 2017,” seru Dwityo. 

Pada tahun ini pemerintah lebih cepat dalam menyiapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2017 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam rangka penyiapan RKP 2017 Kementerian PUPR sedang melaksanakan proses pra-Konsultasi Regional yang dilaksanakan selama Februari 2016.  

Dwityo menjelaskan, konsolidasi ini memberikan kesempatan untuk mendiskusikan secara mendalam kebutuhan infrastruktur permukiman di wilayah masing-masing yang disinkronkan dengan kewajiban prioritas pembangunan nasional, dalam upaya terpenuhinya penyediaan air minum dan sanitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat serta terpenuhinya kebutuhan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana pendukung. 

Dwityo juga menghimbau tiga hal penting kepada para peserta. Pertama, agar Renstra Kementerian PUPR tahun 2015-2019 dan arahan Pengembangan Wilayah Strategis (WPS) dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyiapkan usulan program Ditjen Cipta Karya tahun 2017. Kedua, anggaran Ditjen Cipta Karya harus dialokasikan secara efisien sehingga dapat secara efektif mendorong pencapaian target-target rencana pembangunan nasional. Ketiga, kualitas infrastruktur yang dibangun harus diutamakan agar dapat menjamin keberlangsungan fungsi infrastruktur untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. 

“Saya mengharapkan melalui konsolidasi ini, kita dapat menyiapkan rancangan program Ditjen Cipta Karya tahun 2017 dengan lebih baik menjelang Konreg Kementerian PUPR,” tutup Dwityo. (Ahmad wardi randal DIY/bcr)

Download disini