(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Ditjen SDA Luncurkan Website GIS Bendungan-Danau

Admin putr | 21 Desember 2016 | 999 kali

Yogyakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan (O&P) Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) menggelar Bimbingan Teknis Petugas O&P Irigasi Permukaan Tahun 2016 di Hotel Santika, Yogyakarta, Selasa (20/12). Dalam acara tersebut, Direktorat Bina O&P turut melakukan launching website GIS Bendungan, Danau, dan Embung, serta menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Cipta Lagu/Mars OP dan Lomba Desain Seragam OP Prasarana SDA.

Bimbingan Teknis Petugas OP merupakan kewajiban Direktorat Bina OP untuk terus meningkatkan kemampuan teknis para Petugas OP Irigasi yang merupakan ujung tombak dalam pelayanan irigasi di lapangan. Kegiatan ini merupakan salah satu mata rantai penting dalam pengelolaan sumber daya air yang perlu dilaksanakan secara sungguh-sungguh karena sampai saat ini kondisi SDM Pelaksana OP Irigasi khususnya Daerah Irigasi (DI) kewenangan pusat masih kurang sekitar 20,01 persen lagi.

Pelaksana Tugas Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan, Lolly Martina Martief yang hadir membuka acara tersebut, menyampaikan bahwa saat ini Direktorat Bina OP telah membangun sistem database berbasis GIS dengan domain www.opbendungan-danau.com yang memuat data-data terkait Bendungan, Danau dan Embung yang dikelola Pemerintah Pusat/Daerah/BUMN maupun swasta.

Melalui sistem tersebut, diharapkan akan mendukung sistem pengelolaan data dan monitoring terhadap bendungan yang merupakan prasarana sumber daya air yang memiliki nilai investasi tinggi dan mempunyai fungsi vital bagi kehidupan manusia.

Di samping itu, sejalan dengan pembangunan infrastruktur sumber daya air yang menjadi amanah dalam mendukung program Nawacita, Ditjen SDA juga berkolaborasi dengan para mitra kerja melalui penyelenggaraan  Lomba Cipta Lagu/Mars OP dan Lomba Desain Seragam OP Prasarana SDA. Lomba tersebut diselenggarakan sebagai salah satu ajang dalam rangka mendorong pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota serta masyarakat untuk meningkatkan rasa Cinta OP (CinOP) sekaligus meningkatkan kinerja Operasi dan Pemeliharaan SDA kedepan yang berkelanjutan.

Berikut adalah Pemenang untuk Lomba Cipta Lagu/Mars OP, Juara I diraih oleh Dinas PU Provinsi Maluku, sementara Dinas Pengairan & Permukiman Provinsi Lampung dan Dinas PSDA dan Pengairan Kabupaten Cianjur berhasil menjadi Juara II dan III. Untuk Lomba Desain Seragam OP Prasarana SDA, Juara I, II, III diraih oleh Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat, dan Dinas PU Provinsi Nusa Tenggara Timur. (dro/kompu SDA)

Download disini