Di era reformasi saat ini, dengan semangat Reformasi Birokrasi untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, serta mampu melayani publik, peralihan dari zona nyaman ke zona kompetitif sudah tidak bisa dihindari lagi. Tidak akan ada lagi istilah “kerja atau tidak kerja, gaji tetap sama”. Setiap pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai di lingkungan Kementerian PUPR harus terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan.
Perlu perubahan mindset dari dari setiap pegawai PUPR, dan perlu dikembangkan idealisme untuk menjadi profesional sesuai dengan UU ASN No. 5 Tahun 2014.
Untuk mendukung pemantauan pekerjaan dari setiap pegawai PUPR diperlukan suatu sistem yang berbasis internet yang bisa diakses kapan dan dimanapun. Maka dibuatlah E-Kinerja.
Dengan adanya E-Kinerja ini, akan dapat membantu pegawai PUPR dalam mengisi Sasaran Kerja Pegawai (SKP), yang bisa memantau semua kegiatan dari pegawai PUPR. Juga E-Kinerja nantinya dapat mengakomodasi penilaian Tunjangan Kinerja Pegawai.
Karena itu, perlu dilakukan sosialisasi E-Kinerja dan evaluasi kedepannya. Langkah awal sosialisasi kegiatan ini berupa pelaksanaan Uji Coba Instrumen E-Kinerja yang dilaksanakan di Batam, 1-2 September 2016. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja, Chitra Mardi Rahayu, dan Kepala Bidang Pemantauan Kinerja dan Evaluasi, Lisniari Munthe, serta mengundang seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian PUPR.
Saat ini, E Kinerja baru optimal dijalankan di daerah-daerah yang jaringan internet-nya bagus. Untuk daerah yang jaringan internet-nya kurang baik akan diantisipasi melalui SMS. (Datin)
Download disini