(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Kementerian PUPR dan UNESCO IHE Jajaki Peluang Kerja Sama Pengembangan Bidang Pengairan

Admin putr | 25 Januari 2017 | 485 kali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) akan melakukan penjajakan peluang kerja sama dengan UNESCO-IHE (Institute for Hydraulic Engineering), yakni lembaga pendidikan pascasarjana bidang pengairan internasional yang berbasis di Delft, Belanda.

Rencana penjajakan kerja sama tersebut diungkapkan Direktur Bisnis UNESCO-IHE, Johan A. Van Dijk dan jajarannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor BPIW, Jakarta, Senin (23/1). Kunjungan perwakilan UNESCO-IHE tersebut ditemui Kepala BPIW Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan.

Johan A. Van Dijk mengatakan, kunjungan ke Kementerian PUPR dilakukan untuk menjajaki peluang kerja sama di berbagai bidang, seperti pendidikan pengairan, pengembangan data science, Systems Engineering, praktek terbaik dalam manajemen proyek dan lainnya.

Ia mengakui, pihaknya telah berpengalaman melakukan kerja sama dengan berbagai pihak di dunia internasional. Johan menyatakan, pihaknya tertarik untuk melakukan kerja sama di Indonesia karena banyak hal yang dapat dikembangkan secara bersama-sama.

Sementara itu, Rido menjelaskan, bahwa saat ini Kementerian PUPR melalui BPIW menggunakan metode pendekatan wilayah atau Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) dalam mewujudkan  sasaran  strategis pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah.

“Seluruh wilayah Indonesia masuk ke dalam 35 WPS,” terangnya. Menurutnya, dalam WPS terdapat kawasan kawasan industri, kawasan wisata, kota baru publik, kawasan lumbung pangan dan lainnya.

Untuk melakukan percepatan dalam mewujudkan sasaran  strategis pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah, lanjut Rido, Kementerian PUPR senantiasa terbuka untuk melakukan penjajakan peluang kerja sama dengan berbagai pihak.

“Seperti melakukan kerja sama dengan World Bank dalam pengembangan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,-red), khususnya untuk KSPN Danau Toba, Borobudur dan Mandalika,” terangnya.

Selain itu, lanjut Rido, ada juga kerja sama Kementerian PUPR dengan Pemerintah Belanda dalam mengatasi banjir rob di Semarang, Jawa Tengah. Menurut RIdo, berbagai peluang kerja sama akan dikaji jajaran BPIW secara mendalam, guna mengambil langkah berikutnya. (ris/infoBPIW

Download disini