(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Kementerian PUPR Siapkan Fasilitator Bidang Perumahan di 34 Provinsi

Admin putr | 06 April 2016 | 753 kali

TANGERANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan menyelenggarakan Training of Trainers Tenaga Ahli Perencanaan Perumahan (ToT TAPP) Dekonsentrasi Bidang Perumahan Tahun 2016 di Hotel Aryaduta Tangerang 4-8 April 2016.

Training tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas para Tenaga Ahli Perencanaan Perumahan (TAPP) yang akan menjadi fasilitator untuk mendampingi Pemda Kabupaten/Kota berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi bidang perumahan.

Dekonsentrasi bidang Perumahan 2016 akan difokuskan pada pembentukan kelompok kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman serta pendataan perumahan.

"Pendataan perumahan sangat penting, saat ini perlu direview kembali apakah data perumahan sekarang masih relevan atau sudah berubah," ungkap Deddy Permadi, Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan saat membuka kegiatan, mewakili Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan.

Melalui para tenaga ahli tersebut, Deddy berharapkan data riil perumahan di masing-masing daerah dapat diketahui. Selain itu Deddy juga menjelaskan bahwa tenaga ahli bertugas menampung aspirasi masyarakat dan mewadahi berbagai kebutuhan lain bidang penyediaan perumahan.

Kegiatan ToT TAPP terdiri dari pembekalan untuk meningkatkan pemahaman tentang tata cara penyelenggaraan kegiatan dekonsentrasi dan pelatihan untuk memberikan pendalaman tentang kegiatan "Fasilitasi Pemberdayaan Pokja PKP Provinsi" dan "Pengembangan Sistem Pendataan Perumahan" yang akan diselenggarakan oleh Provinsi kepada kabupaten/kota terpilih.

Pada kegiatan tersebut juga membahas berbagai kebijakan dalam RPJMN dan peraturan perundangan bidang perumahan.

"Fokus utama Pemerintah saat ini adalah bersama para stakeholder menyelesaikan masalah backlog, salah satunya melalui pembinaan pada pemda (pemerintah daeah), karena pemda adalah pelaku yang memberikan pelayanan dasar kepasa masyarakat,” tutur Deddy.

Training yang diadakan selama lima hari tersebut dihadiri oleh sekitar 100 perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia dan diisi berbagai materi oleh para pakar bidang perumahan.

Download disini