(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Sidan di Provinsi Bali Selesai 2021

Admin putr | 08 Agustus 2019 | 522 kali

Bali – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Bendungan Sidan untuk meningkatkan jumlah tampungan air untuk mendukung ketahanan pangan dan air. Pembangunan bendungan dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di Provinsi Bali, yaitu Bendungan Sidan yang terletak yang terletak di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena air nya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujar Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Kepala Pusat Bendungan, Ni Made Sumiarsih mengatakan, Bendungan Sidan dikerjakan Balai Wilayah Sungai Bali – Penida Ditjen Sumber Daya Air memiliki kapasitas tampung 3,82 juta meter kubik, mengairi Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Gianyar. Bendungan ini dibiayai menggunakan APBN 2018 – 2021 senilai Rp 800 miliar dan ditargetkan akan selesai tahun 2021.

“Pembangunan Bendungan Sudan ini nantinya akan memberikan manfaat yaitu, dari segi konservasi, pariwisata, dan yang paling utama adalah ketersediaan air baku sebesar 1,75 m3/detik, dan juga adanya PLTM yang nantinya dikoordinasikan dengan pihak PLN” katanya usai melakukan pertemuan dengan Anggota Komsi V DPR RI saat melakukan Kunjungan Kerja pada masa reses ke Provinsi Bali yang dipimpin oleh Lasarus, Senin (5/7/2019).

Menurutnya, Bendungan tipe Zonel dengan Inti Tegak tersebut memiliki Panjang puncak 158 meter serta lebar puncak 8,5 meter tersebut dikerjakan oleh Konsorsium PT. Brantas Abipraya (Persero) – PT. Universal Suryaprima dan progres fisiknya mencapai 1,7 persen.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar Kadek Wisnu Wijaya mengatakan, pembangunan infrastruktur dewasa ini berperan besar pada kelanjutan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan masyarakat menjadi tergantung terhadap pertumbuhan infrastruktur yang menunjang kegiatan sehari-hari,” semoga sinergisitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah ini mampu memberikan dampak positif bagi Kesejahteraan Masyarakat,” imbuhnya.

Usai Paparan terkait pembangunan Bendungan Sidan, dilaksanakan penyerahan bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) untuk Kabupaten Gianyar. Penyerahan bantuan P3TGAI dilaksanakan oleh Kepala Pusat Bendungan Ditjen Sumber Daya Air, Ni Made Sumiarsih di dampingi oleh Sekretaris Daerah dan ketua Rombongan.

Dalam kunjungan tersebut Pemerintah menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Kegiatan ini merupakan bantuan sosial bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan rumah baru peserta. Penyaluran BSPS Tahun Anggaran 2019 kali ini diberikan pada Kabupaten Klungkung dengan sebaran Desa Bakas, Desa Banjarangka, Desa Tegak dan Desa Tuban. Penyaluran Bantuan BSPS diberikan oleh Direktur Rumah Swadaya, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Jhony Fajar Sofyan Subrata didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.(hilal/PPHL)