(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Seni Juga Diperlukan Dalam Penyediaan Prasarana ke-PUPR-an

Admin putr | 16 Agustus 2016 | 507 kali

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) sebagai penanggung jawab Bidang Seni Rupa Baporseni Kementerian PUPR dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 menyelenggarakan Pameran Lukisan dan Fotografi. Pameran ini diselenggarakan selama 5 hari, terhitung mulai tanggal 15 – 19  Agustus 2016 di Lobby dan Ruang Serbaguna Lt. Dasar Gedung Utama Kementerian PUPR. Acara dibuka secara resmi oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Acara pameran ini, selain dihadiri oleh Kepala BPSDM, Anita Firmanti, juga dihadiri oleh para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PUPR. Dalam pameran lukisan dan fotografi ini, ditampilkan karya – karya insan PUPR dan keluarga Kementerian PUPR. Selain itu, untuk fotografi juga menampilkan karya – karya dari kontributor umum yang belum pernah ditampilkan di acara sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Anita mengatakan bahwa sebagaimana yang diamanatkan Menteri PUPR, sebagai insan PUPR selain harus bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat, ikhlas dan berani, insan PUPR juga harus mempunyai jiwa seni. Untuk itu BPSDM mengadakan pameran lukisan dan fotografi ini untuk menampung kreatifitas insan PUPR dalam menyalurkan hobinya dibidang seni.

Sejalan dengan dengan apa yang dikatakan Anita, dalam sambutannya Menteri Basuki juga mengatakan bahwa seni diperlukan oleh insan PUPR, “Saya kira seni sangat diperlukan dalam kita melaksanakan tugas penyediaan prasarana ke-PUPR-an. Dan dengan jiwa seni dapat mengasah kepekaan jiwa sosial kita”, ungkap Basuki.

Dengan adanya seni dan budaya, banyak hal yang dapat diselesaikan. Demikian juga dengan pembangunan infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR, tidak hanya menggunakan teknologi yang mumpuni, akan tetapi ada sentuhan seni dan kreatifitas dalam penyelesaian pembangunannya. Basuki juga menekankan seni tidak hanya sebatas dibidang arsitektur saja, seni juga diperlukan dalam me-manage insan PUPR.

Dalam pameran kali ini, ditampilkan 23 lukisan dari insan PUPR antara lain dari Lukman Hakim (Sekretaris Ditjen. Penyediaan Perumahan), Iman Soedrajat (Purna bakti), dan Muh. Idris, (Balai Diklat VIII Makassar) serta dari keluarga insan PUPR yaitu Rini Sriwarni. Untuk fotografi ditampilkan 31 foto, selain dari kontributor umum, juga ditampilkan karya insan PUPR Ashari (Badan Pengembangan Jembatan Suramadu), Amrulloh Basri Paembonan (Balai Diklat VIII Makassar), dan Ismail Abdul Muttalib (Ditjen. Penyediaan Perumahan). Selain itu juga ditampilkan dua karya instalasi patung dari Staf Ahli Menteri PUPR, Lana Winayanti.

Download disini