(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Setiap Kegiatan Ditjen Bina Konstruksi Dituntut Cepat dan Bermutu

Admin putr | 10 Agustus 2016 | 516 kali

Yogyakarta - Setiap kegiatan di Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus dilakukan dengan cepat namun harus tetap bermutu. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Ditjen Bina Konstruksi, Dudi Suryobintoro pada pembukaan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi Balai, Satker, dan PPK Jasa Konstruksi pada Wilayah Kerja Sub Direktorat Pemberdayaan Wilayah II di Yogyakarta, Rabu (10/8).

Menurut Dudi, sesuai arahan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pada saat pelantikan pejabat eselon II dan III di Kementerian PUPR, kemarin, kegiatan ke-PU-an memberikan sumbangsih yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Karena itu jika kegiatan di Kementerian PUPR bisa dilaksanakan dengan cepat, bermutu dan tepat sasaran maka secara otomatis pertumbuhan ekonomi  juga ikut terdorong.

Ia menyampaikan bahwa pekerjaan yang dilakukan juga harus tertib tata kelola. “Sistem Manajemen Mutu (SMM) harus dipenuhi, dan harus diingat arahan Menteri PUPR agar jangan bermain-main dengan anggaran, loyalitas kita sebagai ASN adalah melaksanakan amanah rakyat,” ujar Dudi.

Dudi menambahkan, para kepala balai sebagai ujung tombak pelaksanaan kinerja Ditjen Bina Konstruksi harus dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah, kecuali jika pemerintah daerah justru menghambat pelaksanaan tugas balai.

Kemudian yang utama adalah percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi terampil dan untuk percepatan tersebut, Ditjen Bina Konstruksi akan melakukan beberapa langkah, salah satunya rencana ke depan adalah setiap pemenang lelang akan dilihat apakah tenaga kerja konstruksinya telah bersertifikat.

“Apabila belum (bersertifikat) maka harus wajib diikutkan pelatihan dan sertifikasi,” kata Dudi. (tw)

Download disini