(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

LAKSANAKAN PEMBANGUNAN DAN REHABILITASI INFRASTRUKTUR IRIGASI, DINAS PUTR DUKUNG TEMA PEMBANGUNAN BULELENG TAHUN 2021

Admin putr | 21 Januari 2022 | 446 kali

Dalam rangka mendukung sasaran prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024 yang selaras dengan Tema Pembangunan Tahun 2021 di Kabupaten Buleleng yaitu “Pemantapan pemulihan ekonomi melalui integrasi pertanian, pariwisata, dan UMKM didukung oleh investasi dan infrastruktur”, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) secara berkelanjutan dan penuh komitmen melaksanakan  pembangunan, rehabilitasi serta pemeliharaan rutin jaringan irigasi primer sampai sekunder yang merupakan kewenangan Daerah Kabupaten Buleleng. Pada tahun 2021 Pemkab Buleleng melalui Dinas PUTR Kabupaten Buleleng telah tuntas melaksanakan beberapa paket pembangunan serta rehabilitasi Jaringan Irigasi diantaranya adalah:

1.    Daerah Irigasi (DI) Padang Keling yang terletak di Desa Petandakan sampai Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng berupa pembangunan serta rehabiltasi 1 buah Bendung dan 841 meter saluran irigasi dengan cakupan area irigasi sebesar 79 Ha dengan sumber dana DAK Bidang Irigasi T.A 2021.

2.    Daerah irigasi (DI) Jembong yang terletak di Desa Gobleg, Kecamatan Banjar berupa pembangunan serta rehabiltasi 1 buah Bendung dan 510 meter saluran irigasi dengan cakupan area irigasi sebesar 52 Ha dengan sumber dana DAK Bidang Irigasi T.A 2021.

3.    Daerah Irigasi (DI) Tabang yang terletak di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan berupa pembangunan serta rehabiltasi 2.294 meter saluran irigasi dengan cakupan area irigasi sebesar 102 Ha dengan sumber dana DAK Bidang Irigasi T.A 2021.

4.    Daerah Irigasi (DI) Lanyahan Petandakan yang terletak di Desa Petandakan, Kecamatan Buleleng berupa pembangunan serta rehabiltasi 1 buah Bendung dan 894 meter saluran irigasi dengan cakupan area irigasi sebesar 37 Ha dengan sumber dana DAK Bidang Irigasi T.A 2021.

5.    Daerah Irigasi (DI) Kayu Putih yang terletak di Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar berupa pembangunan serta rehabiltasi 1 buah Bendung dan 697 meter saluran irigasi dengan cakupan area irigasi sebesar 111 Ha dengan sumber dana DAK Bidang Irigasi T.A 2021.

6.    Daerah Irigasi (DI) Sanda yang terletak di Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar berupa pembangunan 1 buah Bendung dengan cakupan area irigasi sebesar 77 Ha dengan sumber dana APBD Kabupaten Buleleng.

 

  Pekerjaan pembangunan serta rehablitasi jaringan irigasi ini menitikberatkan pada bangunan utama berupa Bendung, saluran irigasi sampai bangunan pelengkap pada jaringan irigasi primer dan sekunder sesuai yang diamanatkan Permen PUPR RI nomor 14/PRT/M/2015 tentang Kriteria dan Penetapan Status Daerah Irigasi dimana kewenangan Kabupaten adalah Daerah Irigasi (DI) yang memiliki layanan areal sawah kurang dari 1000 Ha. Outcome yang diharapkan dengan adanya pekerjaan pembangunan serta rehablitasi jaringan irigasi ini adalah dapat meningkatnya kondisi jaringan irigasi yang telah ditangani pada tahun 2021 menjadi mantap dengan cakupan areal sawah yang dilayani seluas 458 Ha.