(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

PENILAIAN INOVASI DAERAH

Admin putr | 26 September 2022 | 58 kali

Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng melaksanakan verifikasi dan evaluasi terhadap inovasi yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng.

Pemanfaatan Energi Bersih dan Ramah Lingkungan yang ketersediaannya melimpah serta Minim Konflik dalam pemanfaatannya dijadikan solusi dalam penyediaan akses air minum yang Terjangkau pada daerah rawan air.

MEMANEN MATAHARI merupakan inovasi pemanfaatan energi matahari melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap sebagai sumber energi untuk menggerakkan pompa sumur bor guna pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat. PLTS mempergunakan system On Grid yaitu arus listrik yang dihasilkan langsung dipakai dan saat malam hari kebutuhan listrik kembali menggunakan PLN. Apabila ada kelebihan listrik yang dihasilkan panel surya pada siang hari maka kelebihan listrik tersebut diekspor (ditabung) ke jaringan listrik PLN dan akan diperhitungkan untuk mengurangi tagihan listrik bulan berjalan.

Pemaparan inovasi dilaksanakan di Ruang Rapat oleh Kepala Dinas PUTR didampingi Kepala Bidang Cipta Karya dan Tim Teknis Prasarana Air Minum Bidang Cipta Karya. Inovasi MEMANEN MATAHARI sejalan dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun tentang Bali Energi Bersih dan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 5 Tahun 2022 tentang pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Provinsi Bali