(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

Pemeliharaan Saluran Drainase Permukiman dan Penanggulangan Banjir di Saluran Drainase Kabupaten Buleleng

Admin putr | 19 Maret 2020 | 1396 kali

 

 

Terkait dengan Curah hujan yang tinggi dan tidak menentu, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng I Putu Adiptha Ekaputra, ST.MM., menghimbau kepada seluruh jajarannya agar bekerja extra cepat dan tanggap dalam penanganan segala permasalahan yang timbul khususnya banjir yang terjadi di wilayah kabupaten buleleng.

Terbukti dalam penanganan banjir yang dilaksanakan oleh Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  masih ditemukannya sampah – sampah yang menggenangi saluran drainase sehingga membuat saluran air mampet dan menyebabkan banjir. Berbagai macam sampah dari kayu, plastik, ban truck dan sampah rumah tangga lainnya banyak ditemukan. Ini yang membuat beberapa wilayah di Kabupaten Buleleng masih terjadi banjir walaupun curah hujan tidak deras. Dalam pemeliharaan rutin saluran drainase permukiman di wilayah perkotaan,  kesiapan tenaga drainase yang selama ini memegang peran penting dalam penanganan banjir di siagakan di titik – titik rawan wilayah Kabupaten Buleleng, agar daerah yang sering terjadi banjir dapat diatasi dengan cepat. Selain itu juga tenaga drainase membersihkan dengan cara turun langsung ke saluran drainase/gorong - gorong untuk mengambil sampah – sampah yang menyumbat aliran air.

Disini membuktikan selain peran pemerintah sangat diperlukan juga kesadaran dan kerjasama masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak  membuang sampah semabarangan. Agar tidak ada banjir yang menjadi polemik berkepanjangan di wilayah Kabupaten Buleleng.