(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

TIM SWAKELOLA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (TPS-KSM) DAK SANITASI AIR LIMBAH TAHUN ANGGARAN 2022

Admin putr | 01 April 2022 | 1648 kali

Tim Pelaksana Swakelola Kelompok Swadaya Masyarakat (TPS-KSM) DAK Sanitasi Air Limbah TA.2022 telah merampungkan penyusunan dokumen RKM (Rencana Kerja Masyarakat) yang dilakukan secara partisipatif, artinya semaksimal mungkin melibatkan masyarakat dalam kegiatan penyusunan teknis maupun managemen. Dokumen RKM merupakan dokumen resmi perencanaan DAK Sanitasi yang disusun oleh KSM dan difasilitasi oleh TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan).
Dalam RKM memuat antara lain Penentuan calon penerima manfaat. Rencana Teknik Rinci (RTR) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Rencana pengelolaan dana dan pelaporan, Rencana pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas sanitasi terbangun, dan dokumen lainnya.
Dalam rangka mengetahui kebutuhan material dan upah kerja secara riil dari RAB yang telah disusun, maka sesuai kesepakatan TPS-KSM dilakukan Pilot Project pembangunan Tangki septic dan Bilik Sederhana dengan jumlah yang mewakili lokasi/penerima manfaat. Hasil dari Pilot Project akan dijadikan dasar dalam pelaksanaan konstruksi dan efisiesi yang didapatkan akan dihitung dan digunakan kembali untuk pengembangan maupun peningkatan kualitas fasilitas sanitasi terbangun.