(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

AYAM PLASTIK SEHAT DAN RAMAH LINGKUNGAN

Admin putr | 26 Januari 2023 | 55 kali

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng ikut berkontribusi dalam pelaksanaan Peraturan Presiden RI Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut. Sampah laut adalah sampah yang berasal dari daratan, badan air, dan pesisir yang mengalir ke laut atau sampah yang berasal dari kegiatan di laut. Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah laut yang berdampak terhadap perairan dan ekosistem yang ada di perairan termasuk terumbu karang. Jika masalah sampah plastik di laut tidak diselesaikan maka di kemudian hari akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Ikan itu akan memakan sampah plastik, berdasarkan riset terbaru bahwa mikro plastik mengganggu kesehatan manusia, sebab ikan-ikan perairan akan banyak makan mikro plastic sehingga mengancam kesehatan manusia di masa mendatang. Disamping mengancam sektor perikanan, sampah plastic di laut juga berpotensi mengancam sektor pariwisata yang merupakan penopang ekonomi masyarakat Bali.
Saluran drainase yang fungsinya mengalirkan air hujan menuju badan air/sungai/laut sering kali menjadi tempat pembuangan sampah. Setiap musim hujan volume sampah di saluran drainase cenderung meningkat. Sampah menjadi salah satu penyebab terjadinya luapan air/banjir dibeberapa titik di Kota Singaraja. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang melihat sampah pada saluran drainase sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan para Tenaga Drainase yang sehari-hari bertugas menjaga kebersihan saluran drainase.
Kepala Dinas PUTR dalam arahannya pada Hari Bhakti PU tanggal 3 Desember 2022 bertempat di muara Kali Mumbul Singaraja meminta agar Tenaga Drainase disamping membersihkan saluran drainase dari sedimentasi dan sampah, wajib memilah sampah plastic untuk dikumpulkan dan dikelola oleh Bank Sampah Unit (BSU) PUTRA SEHATI. Hasil dari penjualan sampah plastic akan ditabung dan dikembalikan untuk kesejahteraan 110 orang Tenaga Drainase. Program awal tabungan akan dipakai untuk membeli 110 ekor ayam yang akan dibagikan pada Penampahan Galungan tanggal 1 Agustus 2023. Besaran tabungan BSU PUTRA SEHATI di Bank BPD Bali sementara sekitar Rp. 1.005.000,- (Satu Juta Lima Ribu Rupiah).
Kegiatan (inovasi) Pembelian ayam dari hasil penjualan sampah plastic yang didapat dari pembersihan saluran drainase kami namai AYAM PLASTIK dimana daging ayamnya baik untuk kesehatan dan uang untuk pembeliannya berasal dari upaya menjaga kelestarian lingkungan laut.