(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

DWIFUNGSI SALURAN IRIGASI DENGAN DRAINASE

Admin putr | 24 November 2023 | 285 kali

DWIFUNGSI SALURAN IRIGASI DENGAN DRAINASE menjadi tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan sistem drainase. Prinsip irigasi menaikkan muka air agar bisa mengairi/menggenangi sawah sedangkan prinsip drainase menurunkan muka air/mengeringkan permukiman yang dilewati.
Dalam upaya memaksimalkan fungsi drainase pada saluran irigasi di Jalan Laksamana Desa Baktiseraga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten Buleleng melaksanakan Gotong royong Kolaboratif melibatkan THL Drainase, Tenaga Irigasi PU Provinsi Bali, BPBD Kabupaten Buleleng, Aparat Desa Baktiseraga, Subak Uma Panji dan Masyarakat.
Gotong royong kolaboratif dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari BAKTI PU “Sigap Membangun Negeri” ke-78 Tanggal 3 Desember 2023. Dua Truck atau sekitar 10 M3 sedimen berhasil dibersihkan dari saluran irigasi tersebut.
Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk mempertahankan fungsi saluran drainase, dengan semangat kolaboratif (bekerja sama & sama-sama bekerja) Buleleng BISA bebas dari banjir.