(0362) 22248
putr@bulelengkab.go.id
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

LAUNCHING INOVASI, GATHERING, PUBLIKASI DAN SOSIALISASI PRODUK/LAYANAN DINAS

Admin putr | 22 November 2022 | 49 kali

Selasa, 22 Nopember 2022 Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan “Launching Inovasi, Gathering, Publikasi dan Sosialisasi Produk/Layanan Dinas” dalam rangka menyambut Hari BAKTI PU ke - 77 pada tanggal 3 Desember 2022 dan dalam rangka mendekatkan produk/layanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng kepada masyarakat dan stakeholder terkait.
Acara dibuka oleh Ibu Asisten Perekonomian dan Pembangunan mewakili Penjabat Bupati Buleleng, dihadiri oleh Kepala OPD Lingkup Pemkab Buleleng, Kepala Bank BPD Bali cabang Singaraja dan Seririt, Para Camat, Perbekel, Asosiasi jasa konstruksi, asosiasi jasa konsultansi, pengembang perumahan dan Pemilik PT. Rumah Plastik Mandiri.
Dalam sambutannya Ibu Asisten sangat mengapresiasi Inovasi “ASPAL PLASIK” yaitu pemanfaatan limbah plastic untuk campuran aspal hotmix. Tentunya inovasi ini akan menghasilkan multi player efek dalam pengelolaan sampah oleh masyarakat/komunitas maupun desa melalui BUMDesa nya.
Sampah dan pengelolaannya kini menjadi masalah yang kian mendesak untuk ditangani oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia termasuk Kabupaten Buleleng. Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Desa Bengkala kondisinya sudah overload dan tidak memenuhi persyaratan teknis. Disisi lain dengan bentangan luas wilayah 24,25% dari Provinsi Bali, Kabupaten Buleleng memiliki panjang jalan kabupaten 1.136,6 km, dimana sekitar 328,8 km atau sekitar 28.93% dalam kondisi rusak parah.
Melihat 2(dua) permasalahan mendasar infratruktur ke-PU-an, perlu pemikiran kolaboratif dan sinergis dalam penyelesaian permasalahan yakni pemanfaatan sampah/limbah plastic yang tidak bisa diuraikan dan nilai jual sangat rendah dijadikan bahan campuran aspal menjadikan kualitas aspal lebih kuat dan mampu menjadi solusi pengurangan timbulan sampah plastic di Kabupaten Buleleng.
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng sesuai tugas dan fungsinya juga memberikan layanan kepada dunia usaha maupun masyarakat antara lain : Informasi Tata Ruang (ITR), Surat Keterangan Rencana Kota/Kabupaten (SKRK), Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Pelayanan Jasa Kuras Kakus, Sewa Alat Berat dan Jasa Sondir.
semoga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng Makin Sigap Mengabdi Untuk Buleleng dan motto Bekerja Keras, Bergerak Cepat dan Bertindak Tepat selalu ada dihati setiap insan PU (Pekerjaan Umum).